5 Aplikasi Smartphone Yang Paling Banyak Menguras Kuota

(Foto: bgr.com)

Masalah yang sering dihadapi para pengguna smartphone tak hanya soal baterai yang mudah habis , tapi juga kuota yang juga mudah habis. Kalau kuota mudah habis , pasti ujung-ujungnya yakni mengeluarkan uang untuk membeli kuota lagi.

Tak duduk perkara bagi yang banyak uangnya , tapi kalau yang sedang bokek gimana? Tak ada cara lain selain membatasi penggunaan data. Tapi lebih dari itu , ada beberapa cara yang mampu dilakukan untuk menghemat kuota. Salah satunya dengan mengenali aplikasi mana saja yang menguras kuota paling banyak dan bagaimana cara meminimalisir pengeluaran kuota.

Dilansir dari DroidLime.com , berikut ini ada lima aplikasi yang notabene digunakan banyak pengguna smartphone , tapi ternyata paling banyak menguras kuota.

1. Google Play Store


(Foto: indianexpress.com)

Pada dasarnya aplikasi Google Play Store memang tidak menguras data. Namun alasannya yakni fitur auto-update aplikasi inilah yang mampu membuat kuota Anda tiba-tiba habis. Kadang auto-update suka berjalan tanpa disadari , dan membuat kuota jadi boros. Oleh alasannya yakni itu aktifkan fitur auto-update ini ketika terhubung ke Wi-Fi saja.

2. Facebook


(Foto: mobyaffiliates.com)

Aplikasi Facebook juga memakan banyak data , terutama fitur auto play video di aplikasi ini. Perlu diketahui , video di Facebook lebih sulit diputar ketimbang YouTube. Makara , kuota yang dikeluarkan untuk memutar video di Facebook pasti lebih banyak.

Untuk mematikan fitur auto play video Facebook , Anda mampu masuk ke pengaturan aplikasi , lalu pilih putar otomatis , dan kemudian pilih opsi "Jangan Pernah Putar Video Otomatis" atau "Putar Otomatis Di Koneksi WiFi Saja."

Selain itu non-aktifkan juga fitur unggah foto dalam format High Definition (HD) dan unggah video HD.

3. Twitter


(Foto: designntrend.com)

Sama dengan Facebook , Twitter juga memiliki fitur auto play video dan GIF. Tak heran jikalau fitur ini mampu menyedot kuota secara drastis. Nonaktifkan fitur auto play ini dengan pergi ke menu setting > general > video autoplay. Untuk lebih menghemat kuota lagi , Anda mampu menonaktifkan image previews in timeline.

4. Instagram


(Foto: wersm.com)

Siapa sih yang tidak memiliki aplikasi Instagram di smartphone-nya? Notabene orang pasti meiliki aplikasi ini untuk membuatkan foto dan juga video. Namun ternyata , aplikasi Instagram juga menyedot banyak kuota alasannya yakni memiliki fitur auto play video dan pemuatan gambar secara otomatis.

Untuk mematikan fitur ini , pergi ke menu pengaturan aplikasi. Kemudian pilih menu penggunaan data seluler. Berikan tanda centang pada opsi gunakan lebih sedikit data. Dengan cara ini , fitur auto play video dan pemuatan gambar secara otomatis dapat terjadi hanya ketika terhubung ke WiFi.

5. YouTube


(Foto: tmrhacks.com)

Karena YouTube yakni aplikasi untuk nonton banyak sekali macam video , sudah dipastikan kuota yang digunakan ketika memutar video sangat besar. Untuk menghemat kuota ketika nonton YouTube , Anda mampu memilih resolusi video yang lebih rendah.

Komentar