8 Potret Miris Kondisi Tentara Setelah Pulang Dari Perang Di Timur Tengah

Mantan tentara AS yang pernah berperang di Timur Tengah (foto: Facebook.com/The Unknown Soldier/David Jay)

Perang hanya membawa penderitaan dan simpulan hidup pada dua belah pihak yang berselisih. Meskipun perang sudah usai , luka fisik maupun non-fisik pasti masih membekas di raga dan jiwa mereka yang pernah ikut berperang.

Fotografer David Jay dalam proyeknya yang disebut "The Unknown Soldier" menggambarkan pengorbanan pria dan wanita yang pernah ikut berperang di Irak dan Afghanistan. Dalam proyek tersebut , Jay menampilkan foto-foto mantan prajurit tersebut dengan keadaan fisik yang sudah tidak tepat lagi setelah pulang dari medan perang.

Pada tahun 2013 , Jay mengunjungi tentara di wilayah AS yang pernah ikut bertempur di Timur Tengah. Dia kemudian mendokumentasikan kehidupan para prajurit yang ia temui dengan kondisi luka yang parah.

Jay menjelaskan jika mereka hidup dalam kesedihan setiap harinya. Tak hanya bagi diri mereka langsung , tapi dampak perang juga menghipnotis keluarga mereka.

"Publik sudah terbiasa melihat mantan tentara di TV , berlari maraton atau berenang di Paralimpiade ," kata Jay.

"Kasus menyerupai ini sedikit mendistorsi , di mana dominan tentara yang terluka jarang terlihat publik. Mereka berjuang untuk menerima pengesahan ," tambahnya.

Jay menambahkan bahwa alasannya mempublikasikan proyek ini alasannya ialah ingin memperingatkan kepada semua orang terutama para pemimpin dunia akan ancaman perang. Selain itu , ia ingin mengucapkan terima kasih kepada mereka yang sudah berjuang melayani negara.









Photo Credit: The Unknown Soldier

Komentar