10 Fakta Mencengangkan Tentang Raja Narkoba Pablo Escobar

Pablo Escobar (foto: providr.com)

Nama Pablo Escobar dikenal sejarah sebagai raja dan gembong narkoba asal Kolombia. Dalam periode simpulan tahun 1970-an hingga simpulan 1980-an , ia bertanggung jawab atas 80% dari semua kokain yang dibeli di seluruh dunia.

Dalam kata lain , kartel Pablo Escobar yakni pemasok kokain terbesar di dunia pada ketika itu , terutama di Amerika Serikat. Hasil penjualan kokain tersebut membuat Escobar jadi orang kaya raya yang melebihi kekayaan Bill Gates.

Selain itu , Escobar dikenal sebagai orang yang kejam dan paling ditakuti. Dia tidak akan segan-segan menyingkirkan siapa saja yang berani mengusik kartelnya. Bahkan , butuh waktu lama bagi pemerintah Kolombia dan Amerika Serikat untuk menyingkirkan sosok raja narkoba ini.

Itu hanyalah beberapa fakta ihwal Pablo Escobar yang sudah umum diketahui. Berikut ini ada beberapa fakta mencengangkan lainnya ihwal sang raja narkoba itu yang mungkin belum diketahui banyak orang. Simak ulasannya berikut ini yang sudah dihimpun dari situs Boredomtherapy.com.

1. Saking kayanya , Pablo Escobar pernah membuat kebun binatang pribadi. Dengan uangnya yang banyak , ia mengisi kebun binatangnya dengan hewan-hewan eksotis , menyerupai jerapah , kuda nil , gajah , dan hewan lainnya. Sampai sekarang kebun binatang milik Pablo masih ada.

(foto: timetoast.com)

2. Escobar bertanggung jawab atas tewasnya 4000 orang , termasuk 200 hakim , 1000 petugas polisi , jurnalis , dan pegawai pemerintahan.

(foto: fullnetworth.com)

3. Pada tahun 1976 , Escobar yang gres berusia 27 tahun menikahi Maria Victoria Henao Vallejo yang gres berusia 15 tahun.

(foto: xpatnation.com)

4. Ketika keluarga Escobar bersembunyi biar tidak ditangkap , putri Escobar , Manuela jatuh sakit. Untuk membuat putrinya tetap hangat , ia memperabukan uang penggalan senilai dua juta dolar.

(foto: bauermedia.co.uk)

5. Per hari , kartel kokain Escobar mampu menghasilkan uang sebesar $500.000 per hari atau dalam nilai mata uang sekarang setara dengan Rp 6 ,6 miliar.

(foto: thefactninja.com)

6. Pada simpulan tahu 1980-an , pihak berwenang di Kolombia memperkirakan bahwa Escobar memiliki 142 pesawat , 20 helikopter , 32 kapal pesiar , dan 141 rumah.

(foto: miamiherald.com)

7. Untuk menyelundupkan kokain ke AS , Escobar bahkan sempat membeli sebuah kapal selam.

(foto: wlth.com)

8. Walau Escobar sangat kejam , tapi ia dikenal sebagai sosok yang gemar memberi dan suka membagikan uang kepada warga-warga miskin di Kolombia. Dia juga menyumbangkan uangnya ke rumah sakit , sekolah , dan bahkan punya klub sepak bola sendiri.

(foto: geeksnation.org)

9. Escobar tidak menyimpan uangnya di bank , tapi ia menyimpannya di banyak kawasan , termasuk lapangan sepak bola. Bahkan , banyak uangnya yang habis digerogoti tikus.

(foto: imjussyain.co)

10. Saat kematiannya , lebih dari 25.000 warga Kolombia menghadiri pemakaman Escobar yang mereka anggap sebagai sosok Robin Hood alasannya sudah menolong banyak orang miskin.

(foto: elcolombiano.com)

Komentar